Minggu, 03 Agustus 2008

Energi Biogas untuk Listrik

Pengembangan teknologi biogas yang memanfaatkan kotoran sapi, terbukti layak secara ekonomis dan teknis. Hal ini dapat mendorong kemandirian energi bagi masyarakat, terutama peternak sapi.

Seperti diketahui belakangan ini, harga minyak yang melambung mengakibatkan PT. PLN mengalami kesulitan dalam memasok listrik, karena sebagian besar pembangkit masih menggunakan energi fosil.

Energi biogas dapat diperoleh dari air buangan rumah tangga, kotoran cair dari peternakan ayam, sapi dan babi, sampah organik dari pasar, industri makanan dan sebagainya.

Memproduksi biogas dapat memberikan berbagai manfaat antara lain :
1. Mengurangi pengaruh gas rumah kaca.
2. Mengurangi polusi bau
3. menghasilkan daya dan panas
4. memberikan hasil samping berupa pupuk, campuran makanan ternak, media tanam jamur, dan sebagainya.

Pada uji coba generator listrik berbahan bakar solar - biogas untuk menghasilkan listrik 3000 watt menunjukkan hasil yang memuaskan, dengan konsumsi solar - biogas 100 ml/jam dan 0,39 M3 biogass /kWh.

1 komentar:

PT BUMI BERSIH BERENERGI mengatakan...

salam kenal Pak.

artikel yang melegakan hati kita semua pak.
sangat beroriantasi pada pemecahan masalah energi dan bahan bakar yang selama ini banyak dibicarakan.
semoga kita bisa memanfaatkan secara luas.

Saya Danan, 29 Th,
saya seorang pengusaha muda (UKM)

Jauh sebelum orang meributkan efisiensi energi dan energi alternatif, kami sudah melakukan penelitian selama 6 Tahun terakhir tentang tungku sekam, dan baru kami jual secara masal setelah saya memutuskan untuk usaha sendiri 2 tahun yang lalu.

modal awal kami 1,5 jt waktu itu, Alhamdulillah setelah mulai lancar kami berhasil menjual 23 unit tersebar dari Banyuwangi hingga Tegal.

bahan bakar dari produk yang kami buat adalah dari sekam, serbuk kayu, tempurung kelapa, ampas tebu, serabut kelapa, jerami kering bahkan daun kering. coba dibandingkan, lebih baik mana dibandingkan dengan kayu.

saya pikir didepan mata kita sudah tersedia sumber energi terbaharui dengan sangat murah, cuman mungkin orang indonesia saja yang kurang mau tahu. di desa tempat saya tinggal para penduduk mulai kami pengaruhi sedikit demi sedikit untuk meninggalkan elpiji dan beralih ke tungku sekam rumah tangga buatan kami. pertimbangannya simple, karena faktor kebisaan dan perasaan kalo elpiji naik lagi gimana, sedangkan sekam, jerami dam serbuk kayu melimpah didesa kami. kalo dikota mungkin teknologi ini belum bisa diterima. Yang dikawatirkan selama ini kalo timbul polusi asap dari pembakaran, kami sudah bisa atasi, artinya bebas polusi asap.

cuma, kami hanya sebuah UKM dengan masalah klise.
Mohon Kami diberikan Informasi tentang program
yang berkaitan dengan Tungku sekam yang kami produksi

Bagaimana caranya untuk menjalin kerjasama agar produk kami dapat dinikmati lebih luas oleh semua masyarakat

untuk informasi keseriuasan kami bisa diperoleh dari
www.santosorising.com

Kami bersedia memberikan informasi tambahan yang mungkin diperlukan

Terimakasih

Danan Eko Cahyono, ST

Belajar Surat Yasin

Mount Hira Learn Surah Yasin, Yaseen
Mount Hira Learn Ayat Al-Kursi

Mencari Teman ?