Kamis, 24 Juli 2008

Biogas Sebagai Alternative Energi Murah

Dengan meningkatnya harga minyak dunia, peningkatan konsumsi minyak dan pemanasan global telah menyebabkan kita untuk melihat kembali sumber - sumber energi alternative murah yang tersedia.

Salah satu dari energi alternative murah tersebut adalah energi Biogas.

Pada dasarnya biogas adalah gas yang dihasilkan oleh pemecahan secara biologis terhadap material organik tanpa kehadiran oksigen. Biogas berasal dari material organik dan merupakan salah satu jenis Bio Fuel.

Biogas dihasilkan oleh digestion anaerob atau fermentasi terhadap material yang dapat dipecah secara biologis seperti biomas, kotoran, limbah kota atau hasil pertanian. Tipe biogas ini menghasilkan methana dan karbon dioksida.

Tipe yang lain dari biogas adalah wood gas yang dihasilkan dari proses gasifikasi dari kayu atau biomas yang lain. Tipe biogas ini menghasilkan nitrogen, hidrogen dan karbon monooksida dengan sedikit methana.
Gas - gas methana, hidrogen dan karbon monooksida dapat dibakar atau dioksidasi dengan oksigen. Udara mengandung 21 persen oksigen. Pelepasan energi ini menghasilkan biogas yang dapat digunakan sebagai bahan bakar.

Biogas dapat digunakan sebagai bahan bakar murah di semua negara untuk kepentingan pemanasan seperti memasak. Biogas dapat juga dihasilkan dari fasilitas pengolahan limbah yang modern yang dapat dipakai untuk menjalanakan semua jenis mesin pemanas, untuk menghasilkan tenaga listrik atau mekanik.

Biogas adalah bahan bakar yang dapat diperbarui dan listrik yang dihasilkannya dapat digunakan untuk menarik subsidi energi di beberapa bagian dunia.

2 komentar:

PT BUMI BERSIH BERENERGI mengatakan...

salam kenal Pak.

artikel yang melegakan hati kita semua pak.
sangat beroriantasi pada pemecahan masalah energi dan bahan bakar yang selama ini banyak dibicarakan.
semoga kita bisa memanfaatkan secara luas.

Saya Danan, 29 Th,
saya seorang pengusaha muda (UKM)

Jauh sebelum orang meributkan efisiensi energi dan energi alternatif, kami sudah melakukan penelitian selama 6 Tahun terakhir tentang tungku sekam, dan baru kami jual secara masal setelah saya memutuskan untuk usaha sendiri 2 tahun yang lalu.

modal awal kami 1,5 jt waktu itu, Alhamdulillah setelah mulai lancar kami berhasil menjual 23 unit tersebar dari Banyuwangi hingga Tegal.

bahan bakar dari produk yang kami buat adalah dari sekam, serbuk kayu, tempurung kelapa, ampas tebu, serabut kelapa, jerami kering bahkan daun kering. coba dibandingkan, lebih baik mana dibandingkan dengan kayu.

saya pikir didepan mata kita sudah tersedia sumber energi terbaharui dengan sangat murah, cuman mungkin orang indonesia saja yang kurang mau tahu. di desa tempat saya tinggal para penduduk mulai kami pengaruhi sedikit demi sedikit untuk meninggalkan elpiji dan beralih ke tungku sekam rumah tangga buatan kami. pertimbangannya simple, karena faktor kebisaan dan perasaan kalo elpiji naik lagi gimana, sedangkan sekam, jerami dam serbuk kayu melimpah didesa kami. kalo dikota mungkin teknologi ini belum bisa diterima. Yang dikawatirkan selama ini kalo timbul polusi asap dari pembakaran, kami sudah bisa atasi, artinya bebas polusi asap.

cuma, kami hanya sebuah UKM dengan masalah klise.
Mohon Kami diberikan Informasi tentang program
yang berkaitan dengan Tungku sekam yang kami produksi

Bagaimana caranya untuk menjalin kerjasama agar produk kami dapat dinikmati lebih luas oleh semua masyarakat

untuk informasi keseriuasan kami bisa diperoleh dari
www.santosorising.com

Kami bersedia memberikan informasi tambahan yang mungkin diperlukan

Terimakasih

Danan Eko Cahyono, ST

Anas mengatakan...

Terima Kasih atas apresiasi dari anda.
Mengenai hal tersebut, saya juga kurang mengetahuinya. Tapi teman2 saya sekarang berkecimpung di dunia produksi ethanol, menggunakan cara menjalin kerja sama dengan investor, dengan cara bagi hasil secara prosentase.
Mungkin ini sekedar contoh.

wassalam

Belajar Surat Yasin

Mount Hira Learn Surah Yasin, Yaseen
Mount Hira Learn Ayat Al-Kursi

Mencari Teman ?